Membuat Kreasi DIY Himmeli Geometric Dari Tusuk Sate

Kontributor: W. Shresta

Yang suka makan sate tentu tahu ciri khas olahan daging dengan cara disate? Yap! Tusuk sate. Inilah yang menjadi ciri khasnya. Daging dipotong kecil-kecil dan ditusuk, kemudian dibakar. Ditambah dengan saus kacang, kecap, sambal, dan acar. Dinikmati bersama keluarga dengan lontong atau nasi hangat, nikmat banget.

Eh, tapi ada enggak diantara teteh yang pernah membeli sebungkus tusuk sate? Hanya terpakai beberapa dan saat tertentu, sisanya di simpan? Nah, ternyata tusuk sate bisa dikreasikan menjadi pajangan yang cantik. Namanya himmeli geometric.

Apakah ada yang sudah mengenal himmeli geometric? Atau bahkan ada diantara teteh yang sudah pernah membuatnya? Tahukah teteh, himmeli geometric itu apa?

Menurut sejarah, himmeli geometric adalah suatu bentuk geometri yang dibuat oleh kaum Finlandia sebagai pajangan di ruang makan. Semakin besar bentuknya, semakin besar pula panen yang akan mereka dapatkan saat masa panen ke depan. Mereka membuatnya dari jerami atau akar. 

Saat ini, himmeli geometric dapat dibuat dari berbagai jenis bahan. Bukan hanya dari akar atau jerami gandum, tetapi bisa dari kuningan, sedotan, sebagai contoh. Lebih banyak dibuat dengan barang bekas atau dari barang tak terpakai. Karena membuatnya mudah dan menjadi salah satu alternatif untuk recycle barang. Kali ini, kita menggunakan tusuk sate. Berikut bahan, alat dan langkah-langkah cara membuatnya.

Bahan dan alat membuat DIY himmeli geometric :

  • Tusuk sate
  • Lem tembak
  • Gunting / cutter
  • Penggaris
  • Cat semprot (optional)

Gambar cara membuat DIY himmeli geometric (sumber : Wenni)

Cara membuat DIY himmeli geometric :

Langkah 1

Pertama tama, potong tusuk sate dalam empat ukuran. Contoh menggunakan ukuran 6 cm, 8 cm, 11 cm dan 20 cm. Buatlah masing-masing lima buah (lihat gambar cara membuat DIY himmeli geometric 1). 

Langkah 2

Buat segilima menggunakan tusuk sate ukuran 6 cm. Rekatkan dengan lem tembak (lihat gambar cara membuat DIY himmeli geometric 2).

Langkah 3

Buat segilima menggunakan tusuk sate ukuran 11 cm. Rekatkan dengan lem tembak (lihat gambar cara membuat DIY himmeli geometric 3).

Langkah 4

Satukan kedua segilima tersebut menggunakan tusuk sate ukuran 8 cm. Satukan setiap ujung dengan lem tembak (lihat gambar cara membuat DIY himmeli geometric 4).

Langkah 5

Rekatkan masing-masing ujung tusuk sate ukuran 20 cm di kelima ujung segilima ukuran 11 cm. Sedangkan setiap ujung lainnya, direkatkan menyatu membentuk runcing (lihat gambar cara membuat DIY himmeli geometric 5). 

Himmeli geometric yang sudah jadi ini kemudian dicat dengan warna yang teteh inginkan. Setelah mengering, pajang dan tambahkan aksesoris (misal : bunga, lilin) sebagai pemanis. Hasilnya seperti di bawah ini.

Gambar himmeli geometric (sumber : Wenni)

Tips :

  1. Ukuran tusuk sate untuk DIY ini bebas dikreasikan. Kelak akan berpengaruh pada besar kecilnya himmeli geometric.
  2. Jika tidak ada alat tembak untuk lem, bisa menggunakan api dari lilin. Caranya : panaskan ujung lem di atas api hingga panas. Setelah agak meleleh, segera rekatkan pada tusuk sate yang akan disatukan.
  3. Pada saat mewarnai himmeli geometric, gunakan koran / kertas bekas terlebih dahulu sebagai alas. Agar cat pada saat disemprot tidak mengotori permukaan meja/lantai.

Cantik, bukan? Ternyata tusuk sate bisa dikreasikan menjadi sesuatu yang indah dan manfaat. Salah satunya menjadi himmeli geometric. Mudah lagi membuatnya. Selamat mencoba.

Sumber :

 Wenni Utami Mahesha Dewi, member IP Bandung

www.hemleva.com

Hits: 0

Related posts

Leave a Comment