[Resume] Sayembara Ibu Masa Kini

Komunitas Ibu Profesional Bandung telah dikenal memiliki Rumah Belajar dan sejenisnya yang terbanyak dibanding regional Ibu Profesional yang lain.

Adalah sembilan Rumah Belajar (RB), tujuh Kelompok Belajar (KB), dan tiga Rumah Belajar Berbagi (RBB) yang saat ini masih eksis di komunitas. Give applause… yeay… 

Selain itu, IPers regional Bandung diwadahi dalam WAG bernama Bumi Kabungah akan bertambah terus. Dengan demikian, kami memandang perlu adanya wadah yang menyatukan semuanya, membendung badai informasi menjadi searus saja. Mengompilasi resume kegiatan agar tak carut marut dan bisa dinikmati yang lain sebagai kudapan ilmu yang menyehatkan. Terlebih lagi, potensi para IPers bagaikan berlian yang bisa saja menginspirasi teman-teman lainnya. 

Ialah website ibuprofesionalbandung.com yang mewadahi hal tersebut. Untuk menghimpun data dan “menghidupkan” web, dibuatlah VRC (Volunteer Resource Center)  yang digawangi oleh Diah Adni sebagai koordinator, Lanny sebagai editor SEO, Danica sebagai admin, Muthmainah dan Esa sebagai penanggungjawab tampilan website, dan yang utamanya adalah tetehs content writer yaitu Esta, Aisyah, Fathkia, Syifa, Gina, Dyah Ariani, Febby, dan Septi. Moto kami adalah “mari kita belajar sasarengan untuk menebar inspirasi dan membuat karya kita lebih berdampak”.

Karena terbilang baru, maka membutuhkan banyak karya. Mengadakan sayembara Inspirasi Ibu Masa Kini dalam rangka memperingati Hari Ibu adalah salah satu caranya. Karya luar biasa dari member IPers Bandung yang sesuai dengan tema sayembara pun masuk silih berganti.

Setelah batas waktu pengumpulan dan diseleksi oleh tim, keluar 27 karya yang layak untuk masuk dapur juri. Digawangi oleh Lanny Mulya Nurani, Agina Puspanurani, dan Dessy Natalia, penilaian berjalan cukup alot. Setelah ditentukan para pemenang di setiap kategori, tim ingin memberikan apresiasi kepada semua karya yang masuk. Maka di awal tahun semua karya berparade di web dan diadakan vote untuk mencari pemenang favorit pembaca. Berikut nama-nama pemenang dari setiap kategori : 

Kategori Fiksi:
Sofia Fikriani – Demi Kayla
Efi Sefiani – Perempuan Pemintal Mimpi
Maesaroh – Ibu Rumah Tangga Punya Karya 

Kategori Non Fiksi: 
Peppy Febriandini – Hack Woman, Tipikal Ibu Masa Kini 
Gustrin Oktaviayu – Yuk, Kita Budayakan Membaca Buku di Keluarga! 
Dewi Rifayanti – Menjadi Ibu Masa Kini

Kategori Visual :
Dewi Nita Purnama – Sosok Ibu Kebanggaan

Kategori Favorit Juri : Fatimah Azzahra – Ibu Hebat

Kategori Favorit Pembaca :
Gustrin Oktaviayu – Yuk, Kita Budayakan Membaca Buku di Keluarga! 

Event yang terbilang dadakan ini mendapat apresiasi dari para peserta. “Saya senang sekali IP Bandung melalui VRC menyelenggarakan kegiatan Sayembara berbagai kategori seperti ini. Sangat menarik dan memberdayakan member, seperti saya, yg jarang ikut sayembara. Tim VRC sebagai penyelenggara juga turut menyemangati member untuk mengikuti dan berbagi cara menggunakan blog sebagai wadah kreatifitas member biasa seperti saya ini. Semoga kedepannya ada banyak kegiatan seperti ini ya.. sukses selalu IP Bandung!” Ungkap Dewi Rifayanti dengan berbinar.

Begitu juga dengan Sally Saputra.”Saat ikut sayembara, tertarik dengan temanya. Terus tulisan bebas dan boleh bentuk opini juga, jadi merasa tertantang mengasah kemampuan menulis. Fokus harapannya bisa sharing informasi dan memberikan manfaat buat siapa saja yang membacanya. Alhamdulillah, bisa difasilitasi oleh IP Bandung. Sungguh berkesan dan menyenangkan. Pesan saya untuk yang lain, teruslah berkarya sekecil apapun bentuknya.”

Tak sedikit yang mengharapkan sayembara ini terus berlangsung, menjadi sebuah event rutinan. Seperti yang dikatakan Gustrin Oktaviayu, “saya berharap ajang seperti ini tidak hanya sesekali. Sebulan sekali dengan tema berlainan tentu akan sangat menarik. Meskipun tanpa hadiah, apabila trafik web tinggi karena terus dikunjungi sebab variasi tulisannya banyak dan menarik tentu akan menarik minat menorehkan karya disana.”

Waah maasyaAllah tabarakallah. Ternyata manfaatnya jauh lebih dari yang diduga ya.

Kami seluruh tim VRC IP Bandung mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya atas partisipasi Tetehs dalam Sayembara Hari Ibu “Menjadi Ibu Masa Kini”.
Tetaplah berkarya dan selalu menginspirasi.

Tetehs, penasaran dengan karya ciamik nya? Yuk intip web kami. Semoga banyak bekal yang bisa dipetik.

Salam Hangat Penuh Cinta,
Volunteer Resource Center IP Bandung

Jika Anda menyukai tulisan ini, mari bagikan, agar manfaatnya bisa tersebar lebih luas 🙂

Hits: 58

Related posts

Leave a Comment