[Sayembara Ibu] NON FIKSI – Ibu Hebat

Author : Fatimah Azzahra, S. Pd

Kala mendengar ibu hebat, apakah yang muncul dalam pikiran? Ibu yang anaknya banyak tapi rumahnya tetap bersih? Ibu yang pandai memasak dan berbisnis? Ibu yang pandai menjahit pakaian anak dan suami?

Ya, semuanya adalah ibu hebat bagi keluarganya. Kenapa jawabannya lebih dari satu? Karena setiap keluarga itu unik. Setiap keluarga memiliki anggota yang berbeda potensi. Termasuk potensi ibu. Maka, tak bisa dibandingkan atau disamakan dengan satu dan lainnya. 

Sebagaimana istri-istri Rasul hebat dalam bidang yang berbeda. ‘Aisyah, sang Humaira, pintar dan pandai menghafal. Beliau ra banyak meriwayatkan hadist. Khadijah ra, sang penghulu surga, beliau women entrepreneur terbaik di masanya. Tapi juga pendidik yang baik bagi anaknya. Sampai putrinya, Fatimah Azzahra pun menjadi salah satu penghulu surga. 

Setiap ibu hebat dengan potensinya. Yang harus kita lakukan adalah mengidentifikasi potensi itu dan mengoptimalkan kebermanfaatan padanya. Bermanfaat bagi diri, bagi anggota keluarga, juga bagi masyarakat. 

Jangan underestimate terhadap diri sendiri. Tak mungkin Allah ciptakan kita sia-sia di bumi ini. Pasti ada misi dari penciptaan kita. Dan untuk memenuhi misi itu, Allah bekali diri kita dengan potensi. Gali potensi diri. Cari. Temukan. Setelah itu, kembangkan. Buat oranglain pun merasakan maslahat dari potensi kita. Inspirasi orang tuk melakukan hal yang sama. Maka, semakin banyaklah lahir ibu-ibu hebat di jaman milenial ini. 

Jadi, sudahkah kita menemukan potensi diri kita wahai para ibu hebat? 

Wallahu’alam bish shawab

Jika Anda menyukai tulisan ini, mari bagikan, agar manfaatnya bisa tersebar lebih luas 🙂
fb-share-icon0

Hits: 9

Related posts

Leave a Comment