[Sayembara Ibu] NONFIKSI – Belajar atau Kalah

Author : Novyana Choerunnisa

Belajar atau kalah… .
Tahun ke tahun, perubahan pada zaman terus menerus berganti. Berubah atau kalah, salah satu kalimat yang tak akan lepas dari ingatanku.
Berubah atau kalah, hampir semua produsen terus menerus memperbaharui produknya, karena jika tidak, ia akan kalah dengan pesaingnya. Mau tidak mau, mereka harus mengikuti perkembangan zaman. 
Bayangkan, berapa orang saat ini yang masih menggunakan jasa kirim surat untuk mengirimkan surat pribadinya? Berbeda mungkin, dengan puluhan tahun yang lalu, dimana menunggu kiriman surat dari pengantar surat, menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Maka, jika pengusaha jasa kirim surat ini tidak kunjung membuat inovasi dalam usahanya, apa yang akan terjadi pada hari ini? Tutup.
Begitupun dengan kita, bila kita hanya mengandalkan informasi terbatas yang diberikan oleh orangtua kita saat mengasuh kita pada zaman dahulu, maka kita akan kalah dengan perkembangan zaman. Untuk itu, kita harus terus menerus belajar dan memperbaiki diri. Mencocokan pengajaran yang diberikan orang tua kita dahulu dengan berbagai ilmu pengetahuan yang saat ini beredar luas. Menyaring, memilah, dan memilih mana yang sesuai dengan value keluarga kita. Satu hal lagi yang selalu saya ingat, setiap anak itu unik. Jangankan anak ibu kita, dengan anak kita, bahkan anak pertama dengan anak kedua kita pun bisa jadi berbeda, maka inilah yang kemudian akan menuntut kita sebagai ibu masa kini untuk terus belajar.
Karena jika kita tidak belajar, kita tidak akan berubah. Maka belajarlah untuk menjadikan dirimu menang menghadapi berbagai permasalahan yang ada dihadapanmu.

Jika Anda menyukai tulisan ini, mari bagikan, agar manfaatnya bisa tersebar lebih luas 🙂

Hits: 18

Related posts

Leave a Comment