Semua Bunda adalah Bintang

“Bintang-bintang di langit
Menyimpan sejuta misteri
Berkedip-kedip bermain mata
Seolah mengajak kita berkenalan lebih dekat

Bintang-bintang di langit
Memiliki sejuta rahasia
Membentuk gugusan indah
Menerangi langkahku disetiap malam terang

Bintang-bintang di langit
Namamu indah
Canopus……Capela……Vega……

Pancarkanlah sinarmu
Terangilah jalanku….”

Bunda angkatan 90an mungkin mengenal lagu di atas, lagu anak-anak yang dinyanyikan Sherina ini sempat hits di zamannya. Bintang memanglah indah, berkerlap-kerlip dan memberikan cahaya yang indah untuk kita yang memandangnya dari bawah. Program Rumahku Surgaku yang tayang di Radio 102.7 MQFM pada hari Sabtu tanggal 26 Oktober 2019 menampilkan tema Semua Bunda adalah Bintang. Mengapa ya dikatakan semua bunda adalah bintang? Saya, anda, kita semua bintang! Sama-sama indah dan bersinar bahkan membentuk gugusan yang bermacam-macam. Siaran berdurasi dua jam ini sangat padat dan kaya manfaat diisi oleh Tim Divisi Desain Ibu Profesional Bandung. Bunda Alienda Sophia dan Bunda Peppy Febriandini.

Bunda Alienda dan Bunda Peppy yang bekecimplung di divisi desain IIP menjelaskan bagian grafis dan visual adalah arena playground beliau untuk bersenang-senang dan mengaktualisasikan diri. Beliau juga menyampaikan kembali jika semua bunda sangat bisa untuk menjadi bintang hanya saja banyak bunda yang belum mengeksplorasi dirinya dengan baik dan mengaktualisasi kemampuannya secara maksimal. Bagaimana dengan bunda semua? Sudahkan mengenal kekuatan diri bunda dengan baik?

“Meninggikan gunung, bukan meratakan lembah”

Kalimat tersebut adalah kalimat yang sering disampaikan founder Institut Ibu Profesional yaitu ibu Septi Peni. Kalimat tersebut mengharapkan bunda fokus untuk menggali potensi terbaik bunda, bukan berfokus pada kekurangan bunda. Bunda Peppy juga menyampaikan dalam diskusinya agar para bunda menghentikan kebiasaan membandingkan diri bunda dengan yang lain. Terkadang bunda memang silau dengan gemerlapnya bunda yang lain di media sosial, merasa rendah diri dan kurang yang kadang berujung stres dan depresi. Jangan ya, bunda. Kita spesial! Allah swt tidak akan mengubah diri kita sebelum kita berusaha untuk berubah. Kita boleh membandingkan, bandingkan dengan diri kita sebelumnya, dengan bunda masa lalu. Ayo kita berproses untuk menjadi lebih baik yuk bun, bukan perfectionist namun progressionist.

Bunda lalu berpikirkah kira-kira bagaimana caranya menjadi bintang? Ingat tidak bun lirik lagu tadi?

 “Canopus……Capela……Vega……”

Bunda, tiap bintang mempunyai nama yang berbeda. Setiap bintang. Pun dengan bunda! Bunda adalah ciptaan Allah yang unik. Allah tidak akan menciptakan produk gagal, semuanya mulia, hanya ada bunda yang belum mendapat kesempatan belajar. Bayangkan malaikat diminta sujud kepada Nabi Adam as, bagaimana mungkin bunda harus berkecil hati dengan potensi yang dititipkan Allah pada bunda? Bunda laksana mentari yang menghangatkan, berbinar-binar dan menjadi energi positif untuk seisi rumah. Kebahagiaan bunda adalah kebahagiaan keluarga bunda. Energi bahagia akan menulari seisi rumah. Woowww..

Lalu, bagaimana ya bunda memperoleh energi sebesar itu? Bunda perlu mencari tahu apa bakat bunda. Apa ya yang benar-benar bunda sukai atau yang bunda pilih untuk disukai. Tidak harus sama, kan dengan bunda yang lain. Renjana atau passion itulah yang perlu bunda tekuni 10.000 jam pada bidang tersebut. Bunda Meidah yang menjadi pemandu pada siaran tersebut menjadikan renjananya adalah penyiar. Pun misalnya Bunda Alienda dan Bunda Peppy yang suka dengan grafis dan visual, flyer dan berbagai konten ciamik nan menarik bermunculan dari ide kreatifnya. Bahkan ada Marie Kondo yang memiliki renjana beres-beres rumah sehingga muncul buku konmari berkaitan bagaimana cara efektif membereskan rumah.

Allah swt menitipkan bekal yang berbeda-beda. Keunikan tersebut akan menghasilkan visi yang berbeda-beda. Bersinarlah bunda dengan cara bunda! Kata kunci bunda bersinar adalah 4E yaitu Enjoy, Easy, Excellent, dan Earn. Bunda harus berbinar-binar dan menikmati passion bunda, mudah melaksanakannya, terampil ataupun mau untuk belajar menjadi terampil di bidang tersebut, dan akhirnya kelak rezeki akan hadir menghampiri. Perlu diingat pula bunda bahwa bidang yang bunda kelak akan jadikan jalan untuk bersinar haruslah memiliki cara dan jalan yang benar. Cara adalah bentuk ikhtiar kita untuk mencapai tujuan dan sangat beraneka ragam aplikasi yang bisa bunda lakukan. Namun jalan haruslah sesuai dengan tuntunan Allah. Mari kita curhat kepada Allah agar ditunjukkan selalu jalan yang benar sehingga sesuai dengan tuntunanNya dalam bersinar. Semua bunda adalah bintang. Kita keren, bun..!

Bintang-bintang di langit
Pancarkanlah sinarmu
Terangilah jalanku….

Oleh : Aisyah Ridho Wahyu Dianti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *