Temu Kangen bertabur Ilmu Henna Art dan Beauty Class – KOPDAR KABUNGAH 3

Kontributor : Dyah Ariani Pratiwi – Volunteer Tim RC IP Bandung
Dokumentasi : Teh Alienda dan Peserta kopdar Kabungah 3

Tampak pemandangan tak biasa di Taman Maluku Bandung pada hari Minggu, 13 Oktober 2019. Di pagi yang cerah, terlihat sejumlah ibu dan calon ibu dengan dresscode warna pastel saling melempar senyum dan sapa riang. Suasana kegembiraan tergambar jelas pada acara Temu Kangen Kabungah 3.

Mereka bergembira karena bisa berjumpa secara fisik dengan rekan-rekannya. Mereka saling bercerita dan mengenang “masa lalu”. Karena ada kisah yang mengesankan yang tak akan terlupakan selama bersama – sama berjuang menimba ilmu perkuliahan Matrikulasi dan Bunda Sayang di Institut Ibu Profesional.

Bahkan sejak pagi tim acara sudah mulai terlihat mempersiapkan area untuk keberlangsungan kegiatan, seperti memilih spot area yang rindang, menggelar banyak karpet, dan menyiapkan berkas registrasi. Menjelang pukul 09.00, peserta temu kangen Kabungah 3 mulai berdatangan. Alhamdulillah, peserta yang hadir mencapai 28 member, tak hanya datang sendiri, ada yang membawa putra dan putrinya dan bahkan diantar oleh suami.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari frasa temu kangen adalah bertemu untuk reuni, untuk bersilaturahim. Digerakkan oleh sebuah rasa kerinduan karena selama ini hanya bertegur sapa di grup WhatsApp saja, member Kabungah 3, merencanakan agenda temu kangen kali ini dengan bertabur ilmu. Selain faktor kerinduan, waktu jua turut menggerakkan seseorang untuk bertemu melakukan reuni atau temu kangen.

Temu kangen kali ini dikemas dalam bentuk workshop sederhana karena dilakukan di tempat terbuka, tanpa prosesi seremoni yang membosankan, santai tapi serius, makan bekal bersama, dan yang penting penuh gelak tawa kebahagiaan. Jadi selain menjadi ajang silaturahim antar member Kabungah 3, juga merupakan kesempatan untuk menimba ilmu menghias diri melalui Henna Art dan Beauty Class.

Dengan mengedepankan semangat berkolaborasi dan bersinergi, Teh Karnesia Zoula dan Teh Hizki Khairani yang juga member Kabungah 3 berbaik hati sekali berkenan untuk berbagi ilmu pada temu kangen kali ini. Hanya dengan melengkapi HTM sebesar Rp. 15.000, member Kabungah 3 yang hadir selain bisa mendapatkan banyak ilmu dan praktek dari pemateri, juga mendapatkan souvenir berupa pin dan henna.

Teh Hizki Khairani memberikan contoh bermake-up natural dan tak lupa membagikan tipsnya

Acara temu kangen Kabungah 3 dibuka oleh MC dengan iringan basmalah. Sesi pertama, member yang hadir diajak untuk belajar langsung bagaimana menghias diri dengan sentuhan henna art oleh Teh Karnesia Zoula.  Sesi kedua, Teh Hizki Khairani berbagi ilmu tentang mempercantik diri melalui pulasan make-up natural.

Teh Karnesia Zoula dan salah satu pemenang henna art terbaik

Selanjutnya, peserta temu kangen diajak untuk mengikat ilmu yang telah diberikan oleh kedua pemateri dengan langsung mempraktekkannya di lokasi. Pada sesi pertama, peserta diminta praktik membuat motif – motif cantik dengan henna. Di akhir sesi pertama, ada pengumuman henna art terbaik. “Selamat ya buat para pemenang henna art terbaik!”

Selanjutnya, berbekal alat make-up masing – masing, proses praktik mempercantik wajah pun dimulai. Diiringi dengan senda gurau dan keriangan suara anak – anak yang menemani ibundanya menjadi peserta, sesi praktek menjadi semakin mengasyikkan hingga tak terasa Adzan Dhuhur berkumandang.

Ketika sayup – sayup terdengar suara Adzan, para peserta langsung sigap berbenah untuk lanjut ke sesi acara berikutnya yaitu games, doorprize dan makan bekal bersama. Sebagaimana acara Ibu Profesional lainnya yang menekankan konsep “zero waste”, peserta temu kangen diminta untuk membawa bekal dengan kemasan yang ramah lingkungan. Tak lupa tiap peserta pun wajib membawa tumblr minum masing – masing.

Keluarga besar member IP Bandung dari Kabungah 3

Seperti pada saat acara dibuka, acara pun ditutup dengan iringan doa, saling bersalaman dan tak lupa berfoto bersama. Alhamdulillah acara temu kangen Kabungan 3 selesai sudah, ada rasa haru ketika para member mulai saling berpamitan. Semua pulang dengan senang, perut kenyang, membawa cerita, ilmu dan juga pengalaman baru. Semoga silaturahim ini tetap terjalin selamanya.

Bagaikan peribahasa “sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui”, kopi darat Kabungah 3 kali ini membuat semua member yang hadir dapat menikmati kebersamaan, games dan doorprize serta ilmu. Semoga ulasan acara Kopdar Kabungah 3 yang bertabur ilmu ini dapat mengugah pembaca untuk memahami betapa indahnya berbagi, bersilaturahim, dan berkolaborasi bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *